Trying to get property of non-object [ On /var/www/virtual/jpop.com/public_html/generatrix/model/youtubeModel.php Line 63 ]
Puppen - JPop.com
Artist info
Puppen

Puppen

Puppen


Merupakan band Hardcore legendaris asal Bandung, Jawa Barat. Terbentuk Juni 1992 dengan formasi awal hanya Robin “Low” dan Marcell Siahaan, Robin mengajak rekan band death metalnya, Jitmul, yang tidak bertahan lama dalam keterlibatan Band ini. Agustus 1992, Arian masuk mengisi posisi gitar sekalius mengisi vokal dari band Maximum Death Impact. Kemudian bergabunglah Prima mengisi pos Bass. Puppen sering membawakan lagu-lagu dari band seperti SOD, MOD, Biohazard, Prong, sampai Sacred Rich. Read more on Last.fm
Merupakan band Hardcore legendaris asal Bandung, Jawa Barat. Terbentuk Juni 1992 dengan formasi awal hanya Robin “Low” dan Marcell Siahaan, Robin mengajak rekan band death metalnya, Jitmul, yang tidak bertahan lama dalam keterlibatan Band ini. Agustus 1992, Arian masuk mengisi posisi gitar sekalius mengisi vokal dari band Maximum Death Impact. Kemudian bergabunglah Prima mengisi pos Bass.

Puppen sering membawakan lagu-lagu dari band seperti SOD, MOD, Biohazard, Prong, sampai Sacred Rich. Terlahirlah Puppen dengan Formasi Arian(Gitar,Vokal), Robin(Gitar), Marcell Siahaan(Drum) serta Prima(Bass). Sempet menelurkan beberapa lagu seperti “This Is Not A Puppen”, “Freedom To Defecate”. Merilis demo pertama mereka “Freedom To Defecate” dan diputarkan oleh satu-satunya radio rock pada jamannya(1992.red) di GMR FM.

Sejak saat itu intensitas manggung Puppen mulai sering di panggung-panggung SMA di Bandung. Helvy(sekrang pemilik FFWD Records) bergabung dalam panji Puppen sebagai manajer pada tahun 1993. Atas dasar dorongan sang manajer, Helvy akhirnya Puppen meriis debut EP pertamanya yang diberi judul “This Is Not Puppen EP”, yang ditandai juga dengan bergabungnya Ajo mengisi pos gitar 2, yang turut andil mengisi melodi-melodi pada mini album pertama mereka “This Is Not Puppen EP”. Tahun 1994, Puppen mentas di Pasar seni ITB, merupakan konser dengan crowd yang terbanyak selama bbeerapa tahun terkahir mereka manggung. Prestasi terus mendatangi Pupen, angka penjualan mini album merela “This Is Not Puppen EP” mencapai angka 10.000 keping, yang terjual di seluruh wilayah Bandung, pencapaian yang cukup fantatasi untuk ukuran mini album pada saat itu. Puppen mentas di luar Pulau Jawa untuk pertama kalinya pada tahun 1996 di Medan, Sumatera Utara.

Pada tahun yang sama Puppen untuk pertama kalinya tampil di :PL Fair” yang merupakan acara tahunannya siswa Pangudi Luhur. Tahun berikutnya(1997) album kedua Puppen dalam tahap persiapan, tahun ini juga ditandai dengan keluarnya ajo. Singel meraka “Freedom To Defecate” dirilis dalam bentuk piringan hitam lewat label Tianmen 89 Records(label Prancis). Puppen semakin melebarkan sayapnya ke Internasional dengan merilis singel mereka dengan judl yang sama(“Freedom To Defecate”) di Jepang melalui label All System Fails.

Puppen juga terlibat di beberapa kompilasi seperti “Injak Balik” dan juga “Asian Hardcore Compilation. Pada tahun 1998 Marcell memutuskan untuk kelaur dari Puppen karena ingin fokus kuliah di Universitas Katolik Parahyangan fakultas hukum. Pada tahun ini juga ditandai dengan rilisnya beberapa single seperti nomor “Atur Aku”, “True” serta “Waiting Room v Puppen” yang mengudara di radio-radio lokal Bandung. Kemudian Puppen juga sempat merilis single “Sistem” dalam kompilasi “Masaindahbangetsekalipisan” rilisan label 40124.

Puppen merilis album kedua mereka berjudul “MK II”. Setelah Marcell keluar posisinya digantikan olehh Andry Rudal yang menjadi perosnil resmi Puppen pada tahun berikutnya. Tahun 1999 merupakan tahun degradasi bermusik Puppen, walau sempat merilis single seperti nomor “abstain” lewat Brain Beverage oleh Harder Records dan nomor “atur aku” dalam album kompilasi Indonesia Best Alternative, kerjasama label Target Pro serta Aquarius, Puppen mulai ditinggal personilnya. Prima yang mengisi posisi bass cabut dari Puppen, setali tiga uang manajer mereka pada saat itu Helvy mengikuti jejak Prima yang cabut dair Puppen pada tahun 1999. Sementara di sisi lain Arian sang vokalis merangkap gitar juga sedang disibukkan dengan kerjaan freelancenya, begitu juga pun Robin yang disibukkan dengan kerjaan di Reverse Outfits. Beranjak ke tahun 2000 Puppen merilis single terbaru mereka berjudul “Tanpa Dasar” yang ada dalam kompilasi Ticket To Ride yang diprakarsai oleh perusahaan clothing ternama Bandung 347.

Album ketiga Puppen dirilis, album ketiga mereka diberi judul “S/T”. Record release party pun digelar di Lambhorgini Cafe, Jakarta. Puppen juga menandatangi kontrak endorsement bersama Volcom. Sempat tur bareng dengan Koil dan Noin Bullet, Puppen makin sering manggung. Pada tahun 2002, Puppen yang menjadi salah satu pionir musik Hardcore di Indonesia resmi bubar.

Arian yang pindah ke Jakarta serta Robin yang pindah ke pulau Dewata(baca:Bali) semakin memberikan sinyalmen mengenai kepastian bubarnya Puppen. Puppen menggelar konser perpisahan mereka di Cafe Nirvana, Jakarta dan juga Dago TeaHouse, Bandung. Pada Tahun 2004 Puppen menggelar konser reunian dengan bayaran yang fantastis(memecahkan bayaran band-band underground pada umumnya) sebesar Rp40.000.000,-. Puppen tampil di acara tahunannya siswa Pangudi Luhur, PL Fair. Puppen MK-II dirilis ulang dan re-mastered oleh label Soda Music Records R.I.P 1992 -002 Read more on Last.fm.

User-contributed text is available under the Creative Commons By-SA License; additional terms may apply..
Top Albums

show me more

showing 4 out of 20 albums
Shoutbox
No Comment for this Artist found
Leave a comment


Comments From Around The Web
No blog found
Flickr Images
No images
Related videos
No video found
Tweets
No blogs found